Membuat FTP Server dengan XAMPP

Apa yang anda lakukan jika anda diharuskan mengelola file di komputer yang berjauhan dari anda ? mungkin jawaban yang paling sederhana adalah dengan membuka sharing pada folder yang berisi data-data yang akan diakses.. memang tidak salah cara seperti itu, namun tahu kan anda jika cara tersebur memiliki banyak resiko, terutama masalah sekuritas, hak akses dan privilages user. Cara yang tepat adalah dengan membuat ftp server, kemudian untuk mengakses nya user harus terdaftar dengan memiliki user dan password di ftp server (layaknya sebuah hosting internet) dan user perlu mengunakan ftp client untuk mengakses file dan folder miliknya. Artikel ini ditulis berdasarkan kasus nyata di tempat bekerja penulis yaitu di Universitas Kuningan. Penulis mengelola sebuah web server intranet untuk sistem informasi akademik, untuk mengupdate script-script php penulis tidak mungkin untuk bolak-balik ke ruang server yang terletak di gedung yang berlainan tempat dengan ruangan kerja penulis, di lain pihak server yang penulis kelola tidak memiliki monitor, keyboard dan mouse. Semual penulis berfikir untuk mensharing folder,namun setelah melihat konfigurasi jaringan ternyata komputer server berada pada network yang diakses secara umum oleh prodi, BAUK dan komputer lain yang diakses oleh mahasiswa. Jika dishare dan terbuka hak askesnya adalah sesuatu yang berbahaya. Server akademik bisa terinfeksi virus, atau malah kehilangan data. Untuk itu maka penulis mengkonfigurasi server akademik dengan membenamkan XAMPP yang menyertakan filezilla sebagai ftp server. Dengan ftp server hanya penulis yang bisa login ke server ftp dari manapun, bahkan dari kampus 2 sekalipun yang berjarak sekitar 5 KM dari kampus 1. Berikut ini adalah konfigurasi yang penulis buat. Sebagai catatan ftp server ini bisa digunakan sebagai File Server untuk server penyimpanan data..Selamat mencoba…
A. SETTING FTP SERVER
1. Jalankan XAMPP, kemudian ceklist kotak SVC pada baris filezilla :

2. Maka akan tampak serangkaian kotak dialog dibawah ini :

3. Setelah anda menjawab semua konfirmasi diatas, maka ftp server telah siap menerima koneksi (lihat gambar dibawah) :

4. Untuk me-manage ftp server, klik tombol admin, maka akan tampil windows pengaturuan server ftp anda.

5.Langkah selanjutnya adalah mendefinisikan grup dari user yang akan menjadi member untuk mengakses ftp server. Pilih menu Edit –> Group, maka akan tampil kotak dialog seperti berikut :

Masukan nama grup, misalkan member, kemudian klik ok. Selanjutnya klik tombol OK pada windows pengaturan grup
6. Setelah menetukan grup, kemudian kita daftarkan nama-nama user yang diperbolehkan mengakses ftp server kita. Dari menu edit pilih user, maka akan keluar windows penagturan user, kemudian klik tombol Add, masukan nama user dan tentukan grup untuk user yang bersangkutan, klik Enable account dan Pasword, isikan password untuk user yang bersangkutan. Setelah selesai klik OK (lihat gambar) :

7. Masih pada pengaturan user, pada sebelah kiri klik Shared folders, klik nama user dan tentukan folder yang akan diakses oleh user yang bersangkutan, kemudian klik tombol set as home dir. Dan tentukan fila dan folder permisionnya. lihat gambar :


Sekarang user yang anda buat telah siap untuk berkoneksi dengan ftp server anda..
B. SETTING FTP CLIENT
terdapat banyak software ftp client, yang paling sederhana adalah ftp command line pada dos prompt (jika anda menggunakan windows) atau IE pun / browser lain bisa berfungsi sebagai ftp, pada kasus ini akan dicontohkan bagaimana menggunakan dos prompt sebagai ftp client.

I. Menggunakan MSDOS

1. Klik Start –> Run –> ketik CMD, tekan enter, setelah layar MSDOS muncul, ketik ftp 127.0.01 (atau nama mesin) misal ftp rektorat, masukan username dan password user yang benar maka dilayar akan muncul sebagai berikut :


2. Untuk mengetikan perintahnya.. ketik help

3. Untuk melihat isi server ketik dir atau ls

4. Untuk mendownload file ketik GET nama_file

5. Untuk Mengupload file ketik PUT nama_file

6. Untuk mengubah direktori local aktif ketik lcd drive:\directory (e.g. lcd e:\data)

7. Untuk keluar ketik quit
II. Menggunakan Internet Explorer
1. Jalankan browser Internet Explorer, pada kotak address ketik ftp://oya@rektorat (ftp://user@nama_mesin) kemudian enter , lihat gambar :

2. Selanjutnya akan keluar kotak dialog username dan password,isi dengan benar kemudian tekan Log On, lihat gambar :


3. JIka berhasil, maka IE akan menampilkan file dan folder milik user yang berada di server ftp, untuk mendownload dan upload dilakukan dengan copy dan paste layaknya di windows explorer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: