MAP SERVER

Mapserver merupakan salah satu aplikasi lingkungan pengembangan aplikasi web mapping. MAPSERVER bukan aplikasi GIS Lengkap. Dia hanya berfungsi untuk merender data spasial di lingkungan web. Mapserver merupkan salah satu proyek di bawah OSGeo, dulu merupakan proyek dari kerjasama NASA dengan universitas Minessota.
Fungsi dari MAPSERVER adalah antara lain :
1. Output Kartografis yang baik, seperti skala otomatis, dukungan font TTF, labelling, otomatisasi elemen peta, dukungan peta tematis dengan regular expression, dll
2. Dukungan pada script populer dan IDE
3. PHP, Python, Perl, Ruby, Java, dan C#
4. Cross platform (Windows, Linux, MacOS, Solaris, dll)
5. Dukungan berbagai jenis data raster dan vektor dengan library GDAL , OGR dan OGC
6. Dukunga proyeksi peta dengan library Proj.4
Dokumentasi dari MAPSERVER sangat baik dan tertata rapi. Anda dapat melihatnya di halaman ini. Anda dapat membaca referensi, howto, faq, troubleshooting, link, tutorial, dan glosari. Semua di atur sebagaimana sebuah web book/html book yang sangat bagus sekali. Dokumentasi mapserver patut diacungi empat jempol.
Mapserver sendiri merupakan software cross platform. Ada banyak sekali dukungan untuk berbagai macam operating sistem yang terkenal, seperti windows, linux . anda juga dapat mengkompilasikan source code jika anda mempunyai operating sistem lainnya.
Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai versi windows dari mapserver. Sampa saat tulisan ini saya buat. Mapserver telah sampai pada versi 2.3.0 dan anda dianjurkan untuk mendownload MS4W Base installer 2.3.0. Ini merupakan package complete, didalamnya terdapat Apache, PHP, MapServer CGI, MapScript (CSharp, Java, PHP, Python)yang dibutuhkan untuk menjalankan mapserver. Tetapi jika anda sudah menginstall semua package itu dan hanya menginginkan installer mapserver saja, maka dapat mendownload MS4W NSIS Installer 2.3.0.
Diasumsikan anda telah mendownload MS4W Base installer dan anda memakai windows xp. Untuk menginstalasinya sangat mudah, extrak semua file MS4W ke direktori root (biasanya di C:) , jika berhasil, anda akan melihat direktori C:/ms4w. Lalu jalankan apache-install.bat. bisa menggunakan command line via cmd atau dobel klik file yang bersangkutan. Setelah selesai anda dapat mengecek apakah apache web server telah berjalan dengan baik, caranya, buka web browser anda dan masukkan URL http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ maka web browser anda menampilkan layar utama MS4W.
Anda telah berhasil menginstalasi mapserver. Untuk tutorial lengkap instalasi windows dapat dilihat di halaman ini.
Tetapi mapserver yang telah anda instalasi masih kosong. Belum ada aplikasi yang diinstal di dalamnya. Anda bisa melihatnya di halaman utama MS4W. Pada bagian applications belum ada aplikasi web based gis yang terinstal. Tapi jangan khawatir, mapserver menyediakan berbagai macam aplikasi webgis open source dan gratis. Anda bisa mendownload package aplikasi untuk mapserver tersebut secara terpisah di halaman ini .
ada berbagai jenis seperti :
1. ArcIMS Emulator
2. Chameleon
3. Dbox mapserver
4. FIST – Flexible Internet Spatial Template
5. Fusion
6. GeoMOOSE
7. ka-Map Javascript API
8. Mapbender
9. MapServer Itasca Demo Application
10. MapServer OGC Web Services Workshop
11. OpenLayers Javascript API
12. PHP/MapScript Sample Application
13. phpPgAdmin
14. p.mapper (MapServer PHP/MapScript Framework)
15. PostGIS
16. PostgreSQL
17. Dll
Semua aplikasi ini dapat diinstal bersama mapserver untuk menghasilkan aplikasi web yang dinamis. Untuk instalasi aplikasinya sendiri sangatlah mudah. Pada dasarnya anda diharuskan mengekstrak file aplikasi di root direktori yang sama dengan MS4W. Dan anda dapat mengikuti petunjuk instalasi untuk setiap aplikasi pada install notesnya. Ada dua hal yang perlu diperhatikan setelah ekstrak file aplikasi web adalah :
1. Direktori aplikasi web harus terdapat di direktori /ms4w/apps/
2. File konfigurasi httpd_*.conf yang baru harus dikopikan ke direktori /ms4w/httpd.d/httpd_*.conf dan anda pasti menemukan file konfigurasi ini setiap menginstal aplikasi ke mapserver.
Untuk lebih jelasnya mengenai instalasi aplikasi di mapserver dapat merujuk ke halaman ini
Anda juga dapat mengaktifkan beberapa plugin dukungan akan database baik oracle, SDE, SQL Server dan juga aktivasi dukungan akan bahasa scripting dan pemrograman seperti Java, Phyton, dan Csharp. Dan mulai mapserver versi 2.2.8 telah mendukung FastCGI, anda juga dapat mengaktifkannya. Semua tutorialnya dapat anda baca di halaman ini.

Satu Tanggapan

  1. Nice blog !! i also know a very good site for gis software apps.cybertech(.)com !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: