Script Gratis untuk Situs Anda

Salah satu hal yang menyenangkan dalam membangun situs, Anda tak perlu membuat sendiri setiap fasilitas yang tersedia. Anda cukup membangun script dasar yang berfungsi untuk meng-update konten. Selebihnya untuk fasilitas-fasilitas tambahan seperti polling, buku tamu, email form, tagboard, dan sebagainya, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis yang banyak tersedia di internet.

Memang, lebih afdol jika semua fasilitas tambahan ini dibuat sendiri oleh si webmaster situs. Tapi kita tahu, tidak semua pembuat situs menguasai bahasa programming seperti ASP atau PHP. Banyak di antara mereka yang hanya menguasai sedikit bahasa HTML, bahkan tidak mengerti HTML sama sekali. Karena itu, mari berterima kasih pada internet, yang menyediakan demikian banyak script gratis yang siap pakai. Anda tinggal menginstalnya di situs Anda dengan cara yang relatif mudah.

Self Hosting atau Remote Hosting?
Dari segi lokasi servernya, script gratis terbagi menjadi dua jenis, yakni self hosting dan remote hosting. Apa perbedaannya?

Self-hosting script adalah script yang diinstal di server situs Anda. Di sini, Anda cukup mendownload script gratis dari situs yang menyediakannya, lalu diinstal sendiri di situs Anda.

Sementara remote-hosting script adalah script yang instalasinya tetap berada di situs penyedia script. Anda hanya mencantumkan beberapa kode (seperti HTML atau JavaScript) dari mereka di di situs Anda. Nantinya, setiap kali situs Anda diakses, maka akan ada “interaksi” antara script yang berada di server asli dengan kode-kode yang dicantumkan di situs Anda.

Jika Anda memiliki server sendiri, tentu lebih afdol jika Anda menginstal script yang bersifat self-hosting script. Tapi jika Anda menumpang di situs gratisan, maka hampir tak ada pilihan selain remote-hosting script.

Ada banyak situs yang menyediakan script gratisan ini. Menurut pengamatan penulis, www.hotscripts.com adalah salah satu situs terlengkap yang menyediakan list script gratisan. Mulai dari PHP, ASP, JavaScript, CGI, dan sebagainya. Mulai dari yang self hosting hingga yang remote hosting (tapi sebagian besar adalah remote hosting). Situs lainnya yang tak kalah menarik adalah www.webmasterengine.com. Sementara untuk script yang remote hosting, situs penyedia yang paling popuper adalah www.bravenet.com.

Dan yang tak boleh dilupakan: Situs open source paling populer di internet: Sourceforge.net.

Berikut adalah beberapa situs penyedia script gratisan untuk aplikasi web yang dapat Anda coba.

JavaScript

http://www.javascript.com
http://javascript.internet.com
http://www.javascriptkit.com

Tagboard atau shoutboard

http://www.tag-world.com
http://www.myshoutbox.com
http://www.doneeh.com
http://www.shoutmix.com

Polling

http://www.blogpoll.com
http://www.phpfreaks.com/scripts/Polls_and_Voting/19.php

Yang disebut di atas hanyalah beberapa contoh dari ratusan (atau mungkin ribuan) situs penyedia script gratisan di internet. Selebihnya, Anda dapat mencarinya sendiri melalui mesin mencari seperti Google dan sebagainya. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan pencarian Anda, seperti “free PHP script”, “free guestbook script”, dan sebagainya. (jonru/berbagai sumber)
Sumber: CBN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: