Extension Terbaik Joomla

peningkatan fitur berupa kemudahan dalam penggunaan dan pengaturan CMS-nya, diantaranya instalasi ekstension hanya menggunakan satu menu saja, serta dukungan kompatibilitas dengan ekstension versi sebelumnya (menggunakan legacy mode). Tipe ekstensions (Joomla! Extensions Directory) Joomla 1.5 yang saya maksudkan adalah: Components, Modules, Templates, Plugins, dan Languages. Dalam versi sebelumnya, Plugins dikenal sebagai Mambots. Khusus untuk Languages, meski dirilis dengan berbagai pilihan bahasa instalasi, tetapi belum ada dukungan untuk Bahasa Indonesia dalam proses instalasinya. Semoga dalam versi selanjutnya beberapa saat lagi dukungan tersebut ada.

Sambil mempelajari dan menggunakan CMS Joomla 1.5 yang dapat digunakan untuk membangun web (portal, komunitas, website sekolah, blog, ecommerce – kebetulan saya juga sedang membangun web baru yang belum saya publikasikan), saya ingin mensharingkan beberapa ekstension Joomla 1.5 bagi rekan-rekan pemula pengguna CMS open source Joomla 1.5 yang masih sama-sama belajar seperti saya. Ekstension yang saya tuliskan ini merupakan versi dengan lisensi open source menggunakan GNU/GPL dan Creative Commons, dan bukan yang versi commercial. Sebenarnya ekstensions pilihan saya tersebut hampir sama dengan tulisan saya tentang ekstensions joomla 1.0, hanya terdapat beberapa tambahan. Alasannya adalah karena tidak semua ekstension yang pernah saya tuliskan mendukung Joomla 1.5. Saya mengurutkan ekstension dibawah ini secara alfabet. Dan silahkan rekan-rekan menambahkan daftar ekstension tersebut sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing:

  1. Blaschat. Digunakan untuk menambahkan fitur chat pada web portal yang kita bangun. Kelebihannya adalah kita menggunakan resource dari server blaschat, sehingga tidak mengurangi resource server web kita. Selain itu sudah ada dukungan untuk chat dalam bahasa Indonesia.
  2. CB Superthumb. Digunakan bersama community builder, berfungsi untuk menampilkan (thumbnail) daftar anggota komunitas dalam berbagai cara.
  3. Community Builder. Sebagian besar situs portal komunitas dan situs-situs support Joomla menggunakan komponen ini. Jika diterjemahkan, maka menjadi Pembangun Komunitas. Sayangnya masih terdapat sedikit error untuk versi 1.1.
  4. DOCman. Menambahkan fitur download file di situs, dilengkapi dengan pilihan akses download, hit counter download, pencarian dokumen, urutan file, dan keterangan detail tentang file yang akan di-download.
  5. eXtplorer. Khusus untuk yang satu ini, menurut saya wajib digunakan pada situs, karena banyak hal bisa dilakukan dengannya, terutama untuk mengelola file situs kita secara online. Terdapat fitur FTP. Anda dapat menggunakannya untuk mengedit hampir semua file yang kita inginkan, dan tentu saja jika kita memiliki hak akses ke file tersebut…
  6. Fireboard Forum. Menambahkan fitur forum pada situs berbasis Joomla CMS kita. Memiliki fitur yang sangat lengkap, didukung dengan modul dan plugin. Dapat dihubungkan dengan komponen Community Builder.
  7. JCE. Editor WYSIWYG yang sangat powerfull dan memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan TinyMCE bawaan Joomla.
  8. Joomlacomment. Komponen untuk menampilkan fitur komentar di artikel yang kita tulis pada situs kita, dapat diganti theme, mendukung captcha, mendukung comment feed (RSS), menggunakan avatar (khusus community builder).
  9. Joomla Tools Suite. Berfungsi sebagai alat bantu untuk mengetahui status kesehatan situs Joomla kita, keamanan, dan troubleshooting.
  10. JoomSEO. JoomSEO berkaitan SEO (Search Engine Optimization) dengan merubah judul, meta keywords, dan deskripsi situs kita secara dinamis. Bekerja baik dengan sh404SEF. Jika rekan-rekan mencari-cari ekstension untuk menampilkan judul situs pada Joomla 1.5, maka gunakan ekstension ini. Format judul yang ditampilkan merupakan kombinasi dari: Heading-Paragraph, SiteName, dan Keywords.
  11. MiniFrontPage Module. Untuk menampilkan artikel pada halaman awal situs menggunakan tampilan yang berbeda.
  12. Phoca Guestbook. Komponen untuk membuat buku tamu (guestbook). Memiliki fitur anti spam, bisa di kustomisasi. Dan yang sangat menarik bagi saya adalah kemudahan dalam upgrade untuk versi terbaru. Kita hanya memilih Upgrade pada saat proses instalasi untuk versi yang lebih baru.
  13. RSGallery2. Bagi rekan-rekan yang mau membuat gallery untuk situs berbasis Joomla 1.5, komponen ini menawarkan banyak fitur untuk membuat gallery yang menarik namun memiliki kecepatan akses yang baik.
  14. S4J Total Member. Menampilkan jumlah pengguna terdaftar dalam web portal.
  15. sh404SEF. Komponen untuk SEF (Search Engine Friendly), merubah URL situs menjadi lebih user friendly.
  16. Social Bookmarker Mambot. Fitur social web, menambahkan web ke bookmarking website.
  17. uddeIM. Menampilkan pesan singkat antar anggota yang terdaftar sebagai pengguna web.
  18. Vinaora Visitors Counter. Untuk menampilkan statistik kunjungan ke situs kita.
  19. Xmap. Komponen ini digunakan untuk menampilkan peta situs (sitemap). Dapat menghasilkan URL untuk file sitemap web kita yang dapat ditambahkan di Google Webmaster Tool.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: