Backup data Web/Blog Melalui CPanel

Buat temen-temen yang memiliki website atau blogspot dengan domain dan hosting sendiri (non gratisan) seberapa besar data yang tersimpan di website atau blog kamu? Berapa kali melakukan backup? Jika belum pernah melakukan backup dan belum tau caranya, berikut saya informasikan cara mudah melakukan backup data website atau blog melalui CPanel (Control Panel).

CPanel sendiri adalah software yang biasanya diberikan saat kita melakukan sewa hosting untuk memasang domain kita. CPanel ini sendiri bermanfaat bagi kita dalam mengelola server tempat kita hosting (mengakses database, mengatur email, mengatur domain, dan lainnya). Di sini saya akan tunjukkan salah satu fungsi CPanel untuk membackup data website/blog, baik itu MySQL Database maupun Home Directory (direktori website/blog).

Untuk melakukan backup melalui CPanel ini cukup mudah, karena semua telah disiapkan jadi kita cukup klik sana klik sini, selesai. Harus diperhatikan juga mengenai layanan backup ini, tidak semuanya disediakan oleh penyelenggara jasa hosting, jadi jika ada perbedaan dengan informasi yang saya tulis berikut ini, ada baiknya ditanyakan juga ke penyelenggara hosting yang kita gunakan.

Langkah pertama adalah login ke CPanel, setelah masuk CPanel, kita lihat pada bagian Files, biasanya ada 2 ikon yang memberikan fungsi backup ini, yaitu Backups dan Backup Wizard. Kita coba dulu masuk ke menu Backups, dalam menu Backups ini ada 2 pilihan utama, yaitu Full Backup (1) (membackup semua yang ada dalam server kita ke dalam 1 file, untuk Full Backup ini disediakan juga backup secara berkala (2)), dan Partial Backups (membackup data secara terpisah, yaitu antara data Home Directory (3), dan database (MySQL Database) (4)).

Langka kedua yaitu memulai proses backup, yang harus kita siapkan adalah alamat email kita yang kita masukkan pada Email Address (1), alamat email ini nantinya akan menerima notifikasi jika proses backup kita sudah selesai, dan kita bisa mendownload file backup tersebut. Setelah itu kita tinggal melakukan proses backup dengan memilih Generate Backup (2), selanjutnya kita bisa keluar (logout) dari CPanel, jika proses backup selesai kita akan mendapat notifikasi melalui email, dan kita bisa login kembali ke CPanel dan masuk menu Backup, dan pada halaman Full Backup ini akan muncul link file download yang berisi backup yang telah kita lakukan sebelumnya (3).

Untuk Partial Backups, kita tinggal mengklik link yang ada (Home Directory(3), MySQL Database(4)). Sedangkan untuk Restore bisa kita lakukan dengan mengupload file backup Home Directory pada kolom Restore Home Directory dan file backup MySQL Database pada kolom Restore a MySQL Database.

Langkah di atas adalah jika kita memilih Backups, berbeda lagi dengan Backup Wizard. Backup Wizard memberikan langkah yang lebih sederhana, yaitu kita hanya perlu memilih perintah Backup (melakukan backup) atau Restore (untuk merestore data backup). Karena kita ingin melakukan backup maka kita pilih Backup.

Langkah berikutnya kita pilih Full Backup, Home Directory, MySQL Database, dan Email Forwarders & Filters. Tentukan pilihan backup yang ingin kita lakukan, dan berikutnya kita mendownload file backup tersebut.

Itu tadi temen-temen cara backup data melalui CPanel, silakan temen-temen yang punya web atau blog dengan sewa hosting sendiri untuk rutin melakukan backup sebagai cadangan jika terjadi sesuatu dengan web atau blog kita, maka kita punya data cadangannya dan bisa kita restore kembali.

Selamat membackup dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: