Melakukan Backup Website Dengan Remote FTP (Transfer antar cPanel)

Memiliki sebuah website sebenarnya tidak hanya sebatas menulis dan menulis, tetapi kita juga harus memperhatikan hal lain, seperti keamanan dan kenyamanan. Arti keamanan bukan berarti pembobolan website atau yang lain yang berbau kejahatan, tetapi keamanan data kita juga harus terjaga, menjaga keamanan data bisa dengan melakukan backup website secara berkala, seminggu sekali, atau bisa juga sebulan sekali. Untuk website yang baru terbentuk atau yang masih kecil, dengan kapasitas database dibawah 100 MB mungkin proses download database bisa dilakukan dengan sabar dan tentunya bisa cepat. Tetapi bagaimana jika website tersebut merupakan website yang sudah lama terbentuk dan sudah ratusan artikel bahkan ribuan artikel dan gambar. Untuk proses Download mungkin akan sangat membosankan dan tentunya melelahkan, karena file database yang ada pasti diatas 1GB. Untuk backup sebulan sekali rasanya tidak mungkin, apalagi seminggu sekali.

Tetapi tenang, dengan file yang besar, kita tidak perlu melakukan proses download database, tetapi cukup dengan transfer backup dengan menggunakan remote FTP. Dengan sayarat kita harus memiliki satu buah cPanel backup untuk tujuan backup transfer. Jadi backup database bisa cepat walaupun kapasitasnya besar dan tentunya kita tidak repot untuk menyimpan file backupan tersebut. karena sudah disimpan secara virtual.

Untuk proses backup transfer dengan menggunakan Remote FTP, berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke cPanel anda, lalu coba cari bagian “Files
  • dibagian Files tersebut ada banyak pilihan, dan untuk backup silahkan pilih yang “Backup Wizard
  • Pada halaman Backup Wizard, klik saja tombol backup dan selanjutnya pilih Full Backup
  • Akan muncul form yang perlu anda isi, isikan sesuai informasi yang diminta

Backup Destination > Pilih “Remote FTP Server (Passive mode).

  • Email Address > Boleh di isi dan boleh juga dikosongkan saja, isikan email anda jika memang mau di isi. Sebua email konfirmasi akan dikirimkan jika proses backup telah selesai.
  • Remote Server > Isikan alamat dari FTP server yang menjadi tujuan, boleh domain atau IP server, kalau di isi domain bisa menggunakan alamat: ftp.domain.com
  • Remote User > UserName dari cPanel / FTP account server tujuan transfer data.
  • Remote Password > Password dari UserName cPanel / FTP account server tujuan transfer data
  • Port > Isi saja 21, karena memang port 21 adalah port untuk remote ftp
  • Remote Dir > Isikan nama folder yang menjadi folder milik FTP Account, misalnya menggunakan account cPanel, maka isikan saja ” / ” atau ” /public_html ” (tanpa tanda kutip)

Jika semua informasi yang diperlukan telah diisi dan pastikan kebenaran dan kelengkapannya, jika ada satu informasi salah, maka proses backup transfer tidak akan bisa terkirim. Sekarang klik tombol “Generate Backup” dan proses backup menggunakan remote FTP / backup transfer telah selesai. Selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: