Tentang Domain, Sub domain dan Add Ons

Apa yang dimaksud dengan DOMAIN?
Domain berarti alamat pribadi website anda, misalnya (http://www.domainanda.com/). Pengunjung anda akan dikirim ke website anda setiap kali pengunjung memasukkan nama domain tsb. Website anda akan tampil lebih profesional melalui alamat internet web anda pribadi (www.domainanda.com) dan alamat e-mail pribadi anda anda@domainanda.com.

Apa yang dimaksud domain alias?
Domain alias adalah domain yang mengacu ke suatu domain yang lainnya. Misalkan anda mempunyai domain domainanda.com, anda dapat meregister domainanda.net kemudian menjadikannya sebagai domain alias dari domainanda.com sehingga pada saat seseorang membuka website domainanda.net isinya akan sama persis dengan domainanda.com

Apa yang dimaksud multidomain / domain addon?
Multidomain / domain addon adalah fasilitas yang kami berikan untuk client kami supaya dapat menghostkan beberapa website yang berbeda dalam satu account. Jumlah maksimum website yang dapat dihostkan dalam satu account adalah berbeda-beda, tergantung paket hosting anda.

Apa yang dimaksud subdomain?
Misalkan anda mempunyai domain http://www.domainanda.com, maka yang dimaksud subdomain adalah segala sesuatu yang menggantikan www di domain anda, misal admin.domainanda.com
Bagaimana cara memanfaatkan multidomain?
Untuk memanfaatkan fasilitas multidomain, anda harus mempunyai/meregister domain terlebih dahulu, dan mengarahkannya ke server kami. Setelah itu, anda dapat menset multidomain di account anda melalui CPanel anda di bagian “Addon Domains”.

Anda tidak dapat membuat domain addon jika domain anda belum mengacu dan dikenali di server. Jadi, setelah anda mengarahkan domain anda ke server dewahosting.net, anda harus menunggu selama 24-48 jam sebelum mencoba untuk membuat domain addon. Ada tiga bagian yang harus anda isi di CPanel untuk membuat domain addon.

1. “New Domain Name:” Isikan dengan nama domain yang akan anda addon kan, misal domainsaya.com. Jangan tuliskan www di domainnya.

2. “Username/directory/subdomain Name:” Ini akan menjadi folder di dalam public_html yang menjadi root untuk domain addon anda. Pastikan bahwa belum ada folder dengan nama yang anda tuliskan tersebut. misal jika anda mengisinya dengan “domainsaya”, pastikan sebelumnya bahwa tidak ada folder dengan nama “domainsaya” di dalam folder public_html.

3. “Password:” Isi dengan password yang anda inginkan.

Bagaimana cara membuat subdomain?
Anda dapat membuat subdomain dengan cara masuk ke CPanel anda kemudian masuk ke bagian “subdomain”

Pada saat membuat subdomain, cpanel akan menanyakan nama subdomain yang akan anda buat. Pastikan bahwa tidak ada folder di public_html dengan nama subdomain yang anda tuliskan.contoh, Jika anda akan membuat subdomain test.domainanda.com maka nama subdomainnya yang saya tuliskan adalah “test”. Jika sebelumnya telah ada nama folder “test” di dalam folder public_html, maka nama foldernya harus di hapus atau direname terlebih dahulu sebelum anda membuat subdomain test tersebut.

Bagaimana cara saya mendaftarkan domain?
Anda dapat mendaftarkan domain melalui dewahosting.net.

Bagaimana cara saya menkonfigurasikan domain yang saya pesan dari dewahosting.com/net?
Gunakan fasilitas domain management system yang ada pada http://domain.dewahosting.com (atau link domain Control yang ditentukan Dewahosting)

Login pada website tersebut dengan menggunakan username dan password anda.

Bagaimana caranya membuat domain alias?
Sebelum membuat menset domain alias, anda harus mempunyai domain yang akan dialiaskan, dan domain tersebut harus mengarah ke server dewahosting.com/net. Setelah itu anda dapat menset domain alias di CPanel anda, di bagian “Parked Domain”
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan domain yang saya pesan?
Domain yang anda pesan akan aktif dalam jangka waktu 24-48 jam.

Dapatkah saya mengarahkan domain yang baru ke halaman yang sama dari domain saya ?
Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fasilitas redirect yang ada di control panel.

Saya sudah punya domain, bagaimana caranya mengarahkan domain ke server anda ?
Ganti nameserver domain anda mengarah ke server kami :

SERVER IIX:
DNS1.DEWAHOSTING.COM
DNS2.DEWAHOSTING.COM

SERVER USA I:

DNS1.DEWAHOSTING.NET
DNS2.DEWAHOSTING.NET

SERVER USA II:

NS1.DEWAHOSTING.COM
NS2.DEWAHOSTING.COM

SERVER USA III:

NS3.DEWAHOSTING.NET
NS4.DEWAHOSTING.NET

Cara menganti nameserver domain anda, bisa anda tanyakan ke provider tempat anda mendaftarkan domain anda. Umumnya disediakan control panel untuk user mengubah konfigurasi domainnya. Namun jika control panel tidak disediakan, anda harus hubungi provider domain anda untuk mengubahkan setting nameserver domain anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: