MEMBUAT TEST ONLINE DI JOOMLA

Mendengar kata test Online, rasanya kok sereeemm…banget!
Yes! Of course, ‘cos biasanya pada test online itu, soal tidak bisa di ulang dan dibatasi oleh waktu pada tiap-tiap soalnya. Belum lagi kalau ada kendala di tengah jalan, misalnya Listrik padam, atau tiba-tiba disconnected! Wess!! pasti stress deh!! Apalagi kalau soalnya susah-susah…Owh… Tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkk (baca seperti lagunya Zigas ;) )
Memang test yang dilaksanakan secara online bisa menghemat banyak biaya, tenaga, dan waktu. Tetapi sampai sekarang, kayaknya masih belum ada yang bisa menggantikan keakuratan ujian manual (offline), dilihat dari keakuratan jawaban peserta. Sebab, banyak juga kelemahan-kelemahan yang ada pada ujian Online, terutama kalau ujian itu dilaksanakan melalui jarak jauh. Sebab, siapa yang bisa menjamin masing-masing peserta tidak membawa joki..iya kan??
Meski begitu, banyak sekolah/perguruan tinggi yang maju agak gengsi jika masih menggunakan ujian manual, jadi supaya tidak dikatakan katrok (niru2 kata tukul.. :)) Ya ikut-ikutan aja menggunakan Ujian Online, di samping memang tidak ingin ribet.

Nah, kalau anda ingin coba-coba membuat kuis online di website anda, anda bisa coba menggunakan Component JQuarks. JQuarks adalah sebuah  Component Joomla yang digunakan untuk membuat kuis atau survey online. JQuarks yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah JQuarks versi 0.3.0, dan bisa anda download di sini.

Tapi, sebelum acara ini dimulai :-P , tarik nafas yang panjaaaaaannngg dan laaaaammaa, sebab tutorial ini step-nya juga puuaaaaaannjaaaaanggg dan laaaammaaaa. Saya aja sampai capek buatnya..he..he.. ting! ;)

1. Extract-lah file yang sudah anda download. File tersebut berisi file-file sebagai berikut :

2. Lakukan instalasi pada untuk component com_jquarks_0.30.zip. Kemudian lanjutkan dengan module mod_jquarks_0.20.zip danplugin plg_editor_syntaxhighlight_jquarks_0.3.0.zip, plg_user_jquarks_0.3.0.zip. Cara instalasinya sama semua, (Saya tidak akan menjelaskan cara instalasinya, sebab anda pasti sudah bisa..). Jika belum bisa, silahkan baca tutorial saya Memahami Joomla Extension.

3. Jika instalasi berhasil, maka pada menu Component akan ada Sub menu baru bernama JQuarks, seperti berikut :

Dan jika anda lihat di Plugin Manager (Extensions > Plugin Manager). Pada kolom Filter, masukkan kata kunci “jquarks” kemudian klik Go sehingga akan muncul seperti tampilan di bawah ini.

Berilah checklist dua plugin JQuarks tersebut kemudian klik Enable untuk mengaktifkannya.

4. Selanjutnya aktifkan Module JQuarks dengan mengeklik Extensions > Module Manager. Lakukan dengan cara yang sama kemudian aktifkan dengan mengklik tombol Enable.

Membuat Category Quiz
Bagian ini adalah bagian pertama sebelum kita membuat quiz menggunakan JQuarks. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Klik Components > JQuarks. Maka akan tampil :

2. Buatlah Kategori kuis dengan mengeklik Categories > New.

Kemudian isikan nama category dan deskripsi yang Anda inginkan dan Save. Maka sebuah category quiz sudah berhasil dibuat.

Membuat Questions

Langkah berikutnya, yaitu membuat pertanyaan quiz.

1. Klik Questions > New. Sehingga muncul lembar kerja quiz baru tampak seperti pada gambar berikut.

2. Pilihlah Kategori pada pilihan Select Category dan ketikkan soal kuis pada isian Question.
3. Pada bagian kanan, klik Add a proposition sehingga muncul kotak inputan baru. Disini Anda bisa menentukan tipe dari jenis jawaban yang diinginkan apakah single choice questions (menggunakan radio button untuk menjawab), multiple choice questions (menggunakan checkbox untuk menjawab) atau jawaban bebas berupa isian (menggunakan input textbox) dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Jika anda tidak mengeklik  Add a preposition, maka jawaban akan berupa sebuah jawaban bebas menggunakan input textbox.
  • Satu atau lebih proposition dengan satu checklist sebagai correct, maka jawaban akan berupa single choice (Radio Button)
  • Beri checklist pada Show as multiple answer question, dan satu atau lebih proposition dengan lebih dari satu sebagai correct, maka jawaban akan berupa multiple choice dengan jawaban lebih dari satu yang benar (CheckBox).

4. Jika sudah selesai, Klik Save.

Setting of Questions.

Selanjutnya, kita atur tipe soal yang akan di tampilkan dalam sebuah category.

Klik Setting Set of Questions. Maka akan tampil :

Membuat Quizzes
Quizzes ini berfungsi untuk mengelola tampilan dan mengolah questions ke front-end (yang akan dilihat oleh user).
1. Klik Quizzes, New. Maka akan tampil :

Pada gambar di atas, Klik icon Sets Assignation (gambar buku) sehingga muncul tampilan seperti pada gambar.

2. Klik icon Assigned yang berbentuk bulat merah sehingga berubah warna menjadi hijau. Kemudian klik Close sehingga Anda telah berhasil melakukan sinkronisasi antara quiz dengan questions dan category-nya.
3. Kembali-lah ke Menu Quizzes. Selanjutnya klik icon bergambar User  Affectation . Sehingga akan tampak seperti pada gambar dibawah :

Pada frame sebelah kiri, Anda bisa melihat user list yang ada dan anda dapat menentukan siapa saja yang akan diikutkan dalam quizzes yang Anda buat dengan mengklik tombol merah sehingga menjadi icon checklist berwarna hijau.

Pada frame sebelah kanan, itu merupakan format Notification Message by email ke user yang akan diikutsertakan dalam quiz tersebut. Anda bisa mengubah format notification tersebut ke dalam bahasa Indonesia dan sebagainya.

4. Jika sudah, Klik tombol Close bila Anda telah selesai melakukan pengubahan.
5. Setelah Questions Assignations dan User Affectation selesai Anda setting, selanjutnya Anda tinggal mem-publish Quizzes sehingga siap di akses oleh user dengan mengklik icon Publish Item pada menu Quizzes.

Menampilkan Quiz ke Front-End
Udah capeeeeeeeeekkk??? Jangan dong!, semangat..semangat..semangat..sebab ini adalah bagian terakhir dari pembuatan Kuis kita.
Pada  settingan kuis di atas di peruntukkan untuk user yang terdaftar (Registered), dengan kata lain anonymous user (Guest) tidak dapat mengikuti kuis tersebut. Sehingga pada saat kita menampilkan ke front-end kita kita buat menu baru berupa user menu untuk login peserta test /kuis online. Caranya :

1. Klik Menu > User Menu > New

2. Pilih JQuarks > Quizzes > All quizzes untuk menampilkan semua quizzes yang Anda buat. Bila Anda memilih Quiz Menu, maka hanya ada satu quizzes yang akan di tampilkan, dengan kata lain, satu link/menu satu per satu akan menuju link ke quizzes masing-masing.

Pada Access Level pilih Registered karena kita memang hanya mengijinkan user yang terdaftar saja yang bisa mengikuti ujian online. Kemudian klik Save.

Sekarang, lihatlah hasil kuis anda dengan mengeklik tombol Preview. Te..teng…

Bagi user, Untuk bisa mengakses Kuis tersebut anda harus login terlebih dahulu (Jika anda sudah memiliki Account di sini), sebab kuis tersebut dibuat dengan akses level Registered. Jika anda belum mempunyai account, anda bisa Register dan tunggulah e-mail konfirmasi dari Admin. Selanjutnya anda bisa mengakses kuis tersebut.

Bagi Administrator, Anda juga bisa memasukkan user baru secara manual melalui menu User Manager semua data-data calon peserta test/kuis online. Kemudian melakukan aktivasi secara manual pula.
Hmmm!!! Selesai sudah. Sekarang giliran anda untuk mencobanya. Selamat berkreasi…

by http://amiroh.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: