CMS Open Source Untuk Membangun Web Sekolah, Portal Alumni, E-Learning, dan Katalog Perpustakaan Online (bagian 1)

Sistem informasi berbasis web (website) yang dibutuhkan sekolah, diantaranya berupa website sekolah (bisa berwujud portal), portal alumni sekolah, website e-learning, dan katalog perpustakaan online. Untuk membangun sistem informasi tersebut, diperlukan mesin yang memiliki kemampuan menangani konten informasi secara dinamis.

Pengembang dan komunitas Open Source dunia telah memberikan banyak pilihan CMS Open Source yang tersedia bebas di Internet dan sudah terbukti handal serta banyak digunakan berbagai lembaga pendidikan (sekolah) di dunia. Dari berbagai CMS Open Source tersebut, berdasarkan fungsi dan fiturnya, dan berdasarkan penggunanya selama ini, CMS Open Source apa yang tepat untuk sekolah?

Untuk menemukan CMS yang tepat, saya ingin memulainya dengan menuliskan kebutuhan dan fitur yang perlu diakomodasikan menggunakan CMS Open Source tersebut. Meski mungkin sudah kurang relevan lagi, tulisan ini sengaja saya buat karena sekolah tempat saya bekerja sedang mempelajari CMS Open Source untuk membangun berbagai web tersebut.

A. Website Sekolah dan Portal Alumni

Website sekolah dan portal alumni sekolah merupakan wujud kepedulian dan sekaligus pelayanan sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bercirikan pelayanan pendidikan. Situs web sekolah diharapkan mempunyai kualitas tinggi, mudah di dalam pengaksesan, serta menampilkan citra yang berkaitan dengan kegiatan sekolah dan alumni sekolah.

Fitur apa saja yang perlu ada, selengkapnya dapat dibaca pada tulisan saya tentang Website Sekolah dan Website Alumni Sekolah.

Tujuan utama pengembangan website sekolah dan alumni tersebut adalah:

  • Memberikan informasi dan pelayanan pendidikan kepada siswa dan orang tua.
  • Memberikan informasi dan pelayanan pendidikan kepada guru dan karyawan.
  • Memberikan informasi dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.
  • Memberikan wadah komunikasi antara alumni dengan alumni dan alumni dengan sekolah.
  • Wujud peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
  • Wujud kepedulian sekolah terhadap teknologi informasi dengan menyuguhkan isi situs yang menginformasikan tentang sekolah dan kegiatan sekolah.
  • Efektifitas dan Efesiensi pembelajaran.
  • Sebagai media yang menjembatani kemudahan akses dalam perkembangan informasi dan teknologi.

Kriteria website sekolah dan portal alumni tersebut sebagai berikut:

  • Fungsi, aksesbilitas dan kegunaan.
  • Bekerjasama.
  • Isi yang efektif.
  • Komunikasi dua arah.
  • Evaluasi kesuksesan. Situs-situs web sekolah dan alumni sekolah harus memiliki sistem untuk mengevaluasi kesuksesan, dan menentukan apakah situs webnya memenuhi kebutuhan penggunanya. Kebutuhan pengguna akan menentukan arah perkembangan situs, sehingga jika diperlukan, disain situs web juga harus diperbaiki. Penggunaan yang seragam dari statistik akses akan memberikan gambaran yang lebih jelas dari kebutuhan pengguna di situs sekolah tersebut.
  • Kemudahan menemukan situs. Perlunya dukungan promosi (search engine, situs lainnya, situs pendidikan, dan media informasi yang lain)
  • Pelayanan yang diatur dengan baik. Suatu situs web sekolah akan terselenggara dengan baik jika menggunakan sumber yang terpercaya; strategi yang jelas, tujuan, dan target pengguna; serta strategi pengembangan masa depan, termasuk langkah menuju pusat data yang dinamis dari media digital lainnya.

B. E-Learning

Kebutuhan dasar perlunya media berbasis web untuk menyediakan fasilitas:

  • Informasi yang terkait dengan mata pelajaran yang memanfaatkan web elearning: (1) Tujuan/sasaran, silabus, metode pengajaran, jadwal, tugas, daftar referensi atau bahan bacaan siswa. (2) Profil dan kontak guru. (3) Profil dan kontak siswa.
  • Manajemen user dan manajemen konten: (1) Pengelolaan kelas dan manajemen siswa. (2) Membuat berbagai konten dengan tipe yang bervariasi (materi yang bersifat seperti menggunakan mediawiki, model-model evaluasi/ujian/tugas baik online maupun offline)
  • Guru dapat menyimpan materi pembelajaran (bahan presentasi, ringkasan, soal-soal) ke web dan hanya siswa dalam pelajaran pada kelas yang diajarkan oleh guru tersebut yang dapat mengunduh isinya.
  • Guru dan siswa dapat berdialog atau berdiskusi (misal: forum, pesan, atau chat) mengenai materi pembelajaran yang sedang diajarkan.
  • Guru dapat memberikan tugas yang dipasang pada web dan siswa mengerjakan serta mengirimkan hasilnya melalui web tersebut.
  • Sarana untuk melakukan kerja kelompok : (1) Sarana untuk sharing file dan direktori dalam kelompok (2) Sarana diskusi untuk mengerjakan tugas dalam kelompok
  • Sistem ujian online dan pengumpulan feedback (untuk mata pelajaran tertentu)

Fitur berdasarkan kebutuhan dasar di atas akan dikembangkan secara terus menerus sesuai dengan tingkat kebutuhan terhadap aplikasi e-learning dan kurikulum yang sedang digunakan.

C. Katalog Perpustakaan Online

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan akses informasi dari perpustakaan sekolah, diperlukan sebuah sistem otomatisasi perpustakaan yang nantinya akan memberikan kemudahan dalam mengetahui daftar buku dan koleksi digital lainnya yang terdapat pada perpustakaan sekolah. Sistem informasi yang dibutuhkan awalnya adalah sebuah sistem katalog perpustakaan online, yang selain menampilkan informasi tentang daftar buku dan koleksi perpustakaan lainnya, juga dapat digunakan untuk mengelola anggota perpustakaan tersebut.

Fitur awal yang dibutuhkan yaitu:

  • Informasi koleksi yang tersedia, pencarian koleksi dan stok perpustakaan.
  • Manajemen pengelola dan anggota.
  • Laporan dan statistik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: