Ekstension Joomla CMS Terbaik Pilihan Saya

Barangkali beberapa rekan yang baru belajar Joomla CMS ada yang sedang mencari-cari Components, Module, Mambots, dan Plugins (yang dikenal dengan istilah Joomla Extensions ->dan ada banyak sekali ekstension yang ditawarkan Joomla), saya ingin mensharingkan beberapa links untuk download filenya agar lebih mempercepat rekan-rekan dalam membuat situs portal berbasis CMS Open Source Joomla. Pilihan saya ini adalah berdasar fungsi masing-masing, untuk menjadikan situs kita lebih baik dan fungsional. Anda dapat menemukan secara lengkap penjelasan masing-masing melalui links extensions untuk Joomla. Berikut ini adalah ekstension Joomla versi 1.0.x terbaik pilihan saya (selain ekstension bawaan Joomlalho), yang dalam praktek saya gunakan untuk membangun situs PKTI YBHK:

  1. Community Builder. Sebagian besar situs portal komunitas dan situs-situs support Joomla menggunakan komponen ini. Dimaksudkan sebagai system manajemen user, mendukung koneksi antar user, dan integrasi yang sangat baik dengan komponen (ekstension Joomla yang lainnya). Dalam situs portal komunitas Sarolangun, salah satu contoh adalah integrasi antara community buider dengan forum Fireboard, DOCMan, dan PonyGallery.

  2. DOCman. Menambahkan fitur download file di situs, dilengkapi dengan pilihan akses download, hit counter download, pencarian dokumen, urutan file, dan keterangan detail tentang file yang akan di-download.

  3. Fireboard Forum. Menambahkan fitur forum pada situs berbasis Joomla CMS kita. Memiliki fitur yang sangat lengkap, didukung dengan modul dan plugin. Dapat dihubungkan dengan komponen Community Builder.

  4. Google Maps API. Aplikasi yang satu ini digunakan untuk membuat peta (satelit, flat). Menggunakan mesin Google. Sampai tulisan ini saya buat, saya sedang mencoba-coba menggunakannya. Tujuannya untuk menampilkan lokasi Kabupaten Sarolangun jika dilihat dari satelitnya Google.

  5. HTML module. Dengan module ini kita bisa menambahkan kode html, php, dan javascript sebagai salah satu module pada situs kita. Dalam praktek di situs Portal Komunitas Sarolangun, saya menggunakannya untuk menampilkan kode Googlegroups, RecentReaders dari Mybloglog, dan Technorati.

  6. JA Submit. Memungkinkan bagi pengunjung situs untuk mengirimkan/mengajukan artikel pada situs. Selain disertai dengan proteksi spam, juga dapat digunakan editor Joomla dalam form penulisan artikel.

  7. Jambook. Komponen untuk membuat buku tamu (guestbook). Memiliki fitur anti spam, bisa di kustomisasi.

  8. JCalPro. Untuk menampilkan kalender/agenda kegiatan. Selain dengan fitur 1 halaman penuh, kita bisa menggunakan module-nya untuk membuat agenda kegiatan yang tidak memakan banyak tempat.

  9. JCE. Editor WYSWYG yang sangat powerfull dan memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan TinyMCE bawaan Joomla.

  10. Joopmap. Komponen ini digunakan untuk menampilkan peta situs (sitemap) berbasis Joomla CMS. Sangat mudah menggunakannya.

  11. JoomlaPack. Saya gunakan untuk backup database situs berbasis Joomla CMS.

  12. JoomlaStats. Untuk menampilkan statistik kunjungan ke situs kita. Anda harus mendownload modul dan mambotsnya untuk mengaktifkan fitur counter pengunjung situs.

  13. JoomlaXplorer. Khusus untuk yang satu ini, menurut saya wajib digunakan pada situs, karena banyak hal bisa dilakukan dengannya, terutama untuk mengelola file situs kita secara online. Terdapat fitur FTP. Anda dapat menggunakannya untuk mengedit hampir semua file yang kita inginkan, dan tentu saja jika kita memiliki hak akses ke file tersebut…

  14. Minifrontpage module. Module ini digunakan untuk menampilkan halaman awal (frontpage dengan cara yang berbeda dan menarik).

  15. mXcomment. Komponen untuk menampilkan fitur komentar pada situs kita, dapat diganti theme, mendukung captcha dan satu yang paling saya sukai adalah support askimet (anti spam) dengan hanya memasukan API key askimet dalam konfigurasinya.

  16. OpenSEF. Merupakan komponen untuk SEF (Search Engine Friendly), merubah URL situs menjadi lebih user friendly (rekan-rekan bisa melihatnya dengan mengunjungi situs Portal Komunitas Sarolangun). Dengan OpenSEF, kita bisa membuat file sitemap.xml secara lebih mudah. Dan kelebihannya adalah adanya tools Google yang bisa digunakan untuk melihat

  17. PonyGallery ML. Bagi rekan-rekan yang mau membuat gallery untuk situs berbasis Joomla, komponen ini menawarkan banyak fitur untuk membuat gallery yang menarik namun memiliki kecepatan akses yang baik.

  18. Project Fork. Komponen ini saya gunakan untuk melakukan pengerjaan proyek secara bersama-sama.

  19. Ajax Shoutbox. Menambahkan fitur pesan singkat di situs.

  20. Tanggal Indonesia. Komponen untuk menampilkan format tanggal dalam bahasa Indonesia.

  21. BlastChat. Saya menggunakannya untuk menambahkan fitur Chat bagi anggota komunitas. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak menggunakan recource server web yang kita gunakan, karena kita menggunakan server BlastChat.

Beberapa ekstension di atas selain components, disertai juga dengan module, mambots, dan plugins, sehingga dapat rekan-rekan gunakan lebih fungsional. Saya juga akan menyediakan versi bahasa Indonesia untuk semua komponen tersebut dan dapat di download dari menu download situs portal komunitas Sarolangun (akan saya siapkan awal bulan desember 2007). Khusus untuk Joomla 1.5, saya melihat bahwa ekstension tersebut akan berubah, tidak ada lagi istilah mambots, tetapi diganti dengan plugins.
Kalau dengan Joomla CMS kita bisa membuat situs yang baik, maka tidak mustahil bahwa semua sekolah di Indonesia akan memiliki website sekolah berbasis Open Source Joomla CMS…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: