Memanfaatkan fitur Presenter View pada Ms.PowerPoint

Pada umumnya, presentasi dengan Ms.Powerpoint hanya dengan menekan tombol F5 untuk menampilkan Slide Show dan apa yang ditampilkan di layar monitor sama dengan apa yang ditampilkan di layar proyektor. Tapi, akan lebih profesional dan terlihat lebih memahami materi presentasi apabila apa yang ditampilkan di layar proyektor hanya poin – poinnya saja. Bukan keseluruhan dari materi.

Selain itu, menuliskan seluruh kata – kata pada presentasi membuat audience bosan dan mengantuk karena apa yang Anda baca, sama seperti apa yang audience baca. Tak ada bedanya dengan Anda mendongeng para pendengar di ruang seminar.
Dengan memanfaatkan Presenter View, laptop Anda harus bisa disambungkan ke proyektor dengan modus Extended Mode. Modus ini biasanya digunakan untuk komputer dengan 2 monitor atau lebih. Tergantung jumlah port yang dimiliki oleh VGA yang terpasang di dalamnya. Karena laptop sudah memiliki monitor, modus extended dapat digunakan karena proyektor tersambung sebagai monitor ke 2.
Pada presenter view, waktu presentasi juga ditampilkan. Terdapat timer di bawah slide yang dapat membantu kita membatasi waktu presentasi agar tidak terlalu lama atau terlalu cepat.
1. Secara umum Ms.Windows pada laptop memiliki shortcut untuk sambungan ke proyektor dengan menekan kombinasi tombol [ Win ] + [ P ].
2. Pada Ms.Powerpoint, masuk ke tab Slide Show di bagian Monitors. Set Show On: menjadi Monitor 2 (atau apapun yang merupakan sambungan ke proyektor, biasanya tidak tertulis seperti contoh). Centang Use Presenter View.
 
3. Tekan F5 untuk memulai presentasi. Maka yang ditampilkan oleh layar laptop seperti di bawah ini. Berbeda dengan yang ditampilkan di layar proyektor.
Ada 3 bagian disini. Pertama sebelah kiri atas merupakan presentasi yang sedang ditampilkan, kedua kanan atas merupakan catatan, yang dapat Anda isi sebelumnya saat membuat presentasi (di bawah lembar slide) dan ketiga adalah urutan slide yang akan ditampilan dibagian bawah.
4. Tekan tanda panah ke kanan untuk slide selanjutnya. Pada contoh, yang ditampilkan dilayar hanya gambar dan judul (pertanyaan) sedangkan penjelasan ada di bagian Notes. Penjelasan ini tidak terlihat oleh audience.
5. Anda dapat mencoret – coret layar dengan menekan gambar pen merah di bawah lebar slide. Ada beberapa pilihan, Arrow, Pen dan Highlighter. Warna pen juga bisa di atur.
6. Jika Anda lupa membawa laser untuk menunjuk presentasi Anda atau laser dilarang digunakan di area tersebut. Maka Anda dapat menggunakan laser internal dengan menekan [ Ctrl ] + left mouse click, cursor Anda akan berubah menjadi lingkaran merah kecil di slide presentasi.
7. Untuk mengakhiri presentasi atau meloncat ke slide yang lain, Anda dapat melakukan klik kanan pada slide.
catatan: 
Animasi gambar dan slide tidak terlihat di halaman presenter view namun tetap terlihat di Slide Show yang ditampilkan di layar. Harap berhati – hati, apabila tampilan terlihat lambat bukan karena terjadi lag tetapi load animasi sedang berlangsung. Selalu memperhatikan presentasi di layar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: