BAGAIMANA CARA MENCARI TIKET PESAWAT MURAH?

Pada posting yang lalu telah saya uraikan bagaimana cara membeli tiket pesawat secara online melalui website dari airline yang ada di-Indonesia. Setidaknya ada delapan airline yang melayani route domestik, sehingga kalau mau mencari harga tiket yang paling murah untuk suatu destinasi tertentu maka logikanya semua website airline tersebut harus dibuka kemudian menginput destinasi yang dikehendaki dan selanjutnya membandingkan harga tiket dari semua airline tersebut.
Memang tidak semua destinasi dilayani oleh semua airline tersebut, akan tetapi pada route yang menghubungkan kota-kota populer seperti Jakarta, Surabaya, Jogja, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar dan beberapa kota lainnya, kebanyakan semua airline melayani route tersebut. Sehingga cara pencarian harga termurah dengan cara tersebut menjadi ribet dan tidak praktis.

Saat ini banyak search engine untuk mencari tiket pesawat murah. Dengan menginput kota asal dan tujuan, tanggal berangkat dan kembali serta jumlah penumpang pada search engine tersebut,  selanjutnya berdasarkan data tersebut search engine akan mencari pada website tiap-tiap airline dan  mendisplay hasil yang diperoleh seluruh penerbangan yang ada pada hari tersebut dari yang termurah sampai yang termahal, jam keberangkatan, waktu tempuh dan keterangan direct flight atau connecting flight. Sehingga dari hasil yang didisplay tersebut dapat dipilih penerbangan yang dikehendaki berdasarkan harga tiket maupun jam keberangkatannya.

Ada dua macam search engine yaitu search engine diciptakan oleh travel biro dan search engine yang diciptakan oleh non travel biro.
Pada search engine yang diciptakan oleh travel biro, setelah memilih penerbangan yang dikehendaki selanjutnya proses booking terjadi antara customer dengan travel biro tersebut dan harga harga tiket ditambah booking fee yang besarnya ditentukan oleh travel biro tersebut. Apabila menghendaki melakukan booking langsung pada airline, maka setelah tahu airline dengan harga tiket termurah selanjutnya bukalah website airline tersebut untuk proses booking langsung keairline tersebut tanpa melalui travel biro.
Pada search engine yang diciptakan oleh non travel biro, maka setelah memilih penerbangan yang dikehendaki selanjutnya search engine akan membuka website  dari airline yang dipilih tersebut sehingga proses booking langsung antara customer dengan airline.

Berikut ini bebera search engine yang bisa dipakai untuk mencari tiket pesawat murah yang dapat anda gunakan. Sebaiknya gunakan beberapa search engine untuk membandingkan hasil yang didapat.
1. TIKET2
2. UTIKET
3. SKYSCANNER
4. TRAVELOKA
5. TIKET

Selamat mencoba, semoga bermanfa’at. Oleh: Haris Istanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: